31 Agustus 2014 Golden Sunrise Gunung Prau

Lawu – Merbabu – Merapi – Sumbing - Sindoro
Canon 500D; f/8; 10 sec; Iso-100; FL 22 mm;

Tengah malam yang dingin kira-kira pukul 1 malam alarm kami berbunyi. Saatnya bersiap untuk naik ke puncak Gunung Prau. Dua minggu sebelumnya saya sudah menghubungi Mas Garay nanyain kiranya punya teman yang bisa nganter ke Puncak Gunung Prau.

Malam itu Mas Garay datang bersama Mas Ramadhan nyamper kedepan pintu penginapan. Kami bertiga pun berangkat tanpa Mas Garay. Kami menggunakan jalur belakang Kota Dieng. Waktu tempuh lebih lama dibandingkan dengan jalur Patak Banteng, namun medannya lebih bersahabat buat kami.

Total 4 jam yang kami butuhkan untuk mencapai padang luas tempat mendirikan tenda di Puncak Gunung Prau. Mas Ramadhan mempersilahkan kita untuk masuk kedalam tenda kepunyaan temennya istirahat sebentar sambil menunggu waktu sunrise.

Saatnya membuka perbekalan, teh panas dari termos dan beberapa buah biskuit kami nikmati sebagai pengganti tenaga yang telah hilang.

Tepat pukul 5 pagi, kami mulai keluar tenda untuk nge-booking tempat menikmati sunrisenya. Sesuai arahan Mas Ramadhan tentang spot terbaiknya, kami berjalan agak jauh ke timur menjauhi kerumunan tenda.

Sedikit demi sedikit matahari mulai muncul, siluet lansekap Pulau Jawa pun semakin terlihat. Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Lawu yang terjauh dan Gunung Ungaran yang paling kecil masih keliatan di sisi kiri.

Di bulan Agustus ini cuaca di Dieng dan Gunung Prau sedang dingin-dinginnya. Saya sampai harus memastikan celah jaket tertutup dengan benar. Butiran-butiran es muncul di atap tenda dan rumput sebagai bukti dinginnya malam itu di Gunung Prau.

Sambil pulang kami sempatkan mengambil sampah yang terlihat. Baru sepertiga perjalanan trash bag pun sudah penuh. Di tengah perjalanan, ada serombongan anak-anak SMA yang mau berbaik hati membawakan trashbag penuh ini kebawah. Tiba di Dieng pukul 10 kami pun langsung menuju tempat makan langganan untuk makan pagi yang kesiangan.

Canon 500D; f/6.3; 30 sec; Iso-800; FL 14 mm;

Canon 500D; f/6.3; 1/60 sec; Iso-400; FL 10 mm;

Dataran Tinggi Dieng Canon 500D; f/9; 1/200 sec; Iso-400; FL 20 mm;

Comments

Popular posts from this blog

7 Mei 2017 Piknik Ke Situ Ciburuy Anu Laukna Hese Dipancing

TED Talks - Simon Sinek (Cara Pemimpin Hebat Menginspirasi Tindakan)

DIGITAL CHAMPIONSHIFT - M. AWALUDDIN (2015)

GARTNER Top 10 Trends of 2019

SISTEM TERMINAL PENUMPANG - Horenjeff (2010)