25 Maret 2014 Kualanamu ke Silangit naik SusiAir


Meskipun ini bukan pertamakalinya saya naik pesawat SusiAir, tapi tetap saja saya mendapat pengalaman yang berbeda ditiap perjalanannya. Kali ini saya sengaja memilih tempat duduk dibelakang pak pilot bule yang sedang bekerja mengendali pesawat supaya baik jalannya. Pesawat bermesin baling-baling ini bisa mengangkut sampai 12 orang penumpang, di boarding pass tempat duduk tidak ditentukan jadi kita bebas memilih posisi sesuai selera. Perjalanan Kualanamu ke Silangit ditempuh selama 50 menit saja, jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan perjalanan darat yang bisa menghabiskan sampai 6 jam paling cepat.

Duduk dibelakang pilot rame juga, kita bisa melihat bagaimana mereka bekerja yang sebetulnya tidak mungkin bisa kita lihat kalau kita naik Boeing atau Airbus. Meskipun tergolong pesawat kecil tetap saja banyak tombol yang harus ditekan waktu mau mulai menyalakan pesawat. Ketika kita harus terbang diatas awan, saya tetap bisa mengetahui posisi pesawat melalui panel GPS yang berada di dashboard pilot. Tiba saatnya pesawat terbang diatas Danau Toba. Awan pun hilang, kita bisa meihat dengan jelas keindahan lansekap Danau Toba.

Suasana Kokpit Dilihat Dari Kursi Penumpang
Canon 500D; f/11; 1/13 sec.; Iso-100; FL 33 mm.

Danau Toba
Canon 500D; f/10; 1/1600 sec.; Iso-800; FL 18 mm.

Penampakan Pesawat SusiAir
Canon 500D; f/10; 1/1600 sec.; Iso-800; FL 18 mm.


Oh ya, didalam pesawat kita tetap bisa menggunakan ponsel. Penumpang dibelakang saya teteleponan ketika pesawat sedang terbang. EDAN. Apakah ini diperbolehkan?

Comments

Popular posts from this blog

7 Mei 2017 Piknik Ke Situ Ciburuy Anu Laukna Hese Dipancing

TED Talks - Simon Sinek (Cara Pemimpin Hebat Menginspirasi Tindakan)

DIGITAL CHAMPIONSHIFT - M. AWALUDDIN (2015)

GARTNER Top 10 Trends of 2019

SISTEM TERMINAL PENUMPANG - Horenjeff (2010)