Cerita Dibalik Setiap Foto

Phos = Cahaya
Graphein = Menggambar/Menulis

Dua kata pembentuk kata Photography itu mengisi hari-hari saya selama 14 tahun terakhir ini. Kesukaan untuk saya menangkap berbagai macam momen bisa tersalurkan melalui bidang ini (pembenaran, karena saya tidak bisa menggambar). Alat bantunya tentu saja sebuah kamera, berbagai jenis kamera pernah saya gunakan dari mulai Kamera Saku milik Aki dan Bapak, Kamera Digital resolusi rendah kepunyaan Paman, Kamera SLR milik seorang kawan, Kamera Digital inventaris kantor, berbagai macam tipe Kamera Digital dan HP hasil pinjaman dari banyak teman sampai akhirnya saya punya Kamera DSLR sendiri.

Ketika masih menggunakan kamera analog banyak sekali perhitungan ekonomis yang dilakukan sebelum menekan tombol shutter, seperti kapasitas film yang terbatas sehingga dengan alasan efisiensi saya cuma bisa menangkap momen yang pasti-pasti saja dan mahalnya harga mencuci-cetak foto. Dengan munculnya jaman kamera digital kita dimudahkan untuk mengambil momen dengan kuantitas tidak terbatas, jika kita tidak suka dengan hasil fotonya tinggal hapus, mudah saja.

Tetapi kemudahan itu tidak serta-merta memberikan kepuasan absolut bagi saya. Setelah diberikan keleluasaan untuk menangkap berbagai macam momen, saya dihadapkan pada proses menyeleksi hasil tangkapan tersebut mana yang layak untuk disimpan dan dibagikan (menjemukan sebenarnya). Lama kelamaan dengan semakin banyaknya hasil tangkapan terkumpul, file lama tertutup file baru, momen lama akan terlupakan oleh munculnya momen baru, banyak cerita-cerita lama yang terpinggirkan dan hanya akan berakhir tercampakkan di dalam folder-folder hardisk.

Melalui blog ini saya ingin berbagi momen-momen yang telah lama tersimpan di folder hardisk, yang saya tangkap melalui Kamera DSLR Canon 500D. Dengan menulis saya berharap momen-momen ini bisa abadi, karena jika hanya mengandalkan ingatan saja akan mudah terlupakan oleh kemampuan ingatan saya yang tidak seberapa ini. Foto-fotonya mungkin tidak terlalu bagus, tapi saya berharap dengan ditambahkannya cerita pada setiap fotonya bisa menggambarkan momen yang ingin saya tangkap dan bayangkan pada saat itu. Beberapa sudah pernah saya post di akun Facebook dan Instagram saya, tetapi tidak mungkin saya cerita panjang lebar mengenai cerita dibalik setiap fotonya.

Semoga saya bisa konsisten bercerita.


Amin.

Comments

Popular posts from this blog

7 Mei 2017 Piknik Ke Situ Ciburuy Anu Laukna Hese Dipancing

TED Talks - Simon Sinek (Cara Pemimpin Hebat Menginspirasi Tindakan)

DIGITAL CHAMPIONSHIFT - M. AWALUDDIN (2015)

GARTNER Top 10 Trends of 2019

SISTEM TERMINAL PENUMPANG - Horenjeff (2010)